Friday, July 31, 2015

Tips And Tricks Agar Android Kamu Tidak Lemot

Tips And Tricks Agar Android Kamu Tidak Lemot

Menggunakan smartphone Android merupakan kebutuhan di era saat ini. Beberapa faktor menyebabkan Android kamu menjadi lemot, tidak bekerja secara cepat. Untuk itu kamu perlu tahu beberapa faktor yang menjadi penyebab hp Android kamu menjadi lemot dan sedikit tips untuk mengembalikan kinerja Android kamu.

Mematikan Animasi

Salah satu penyebab lemotnya hp Android kamu adalah terdapat animasi pada perpindahan menu. Hal tersebut membuat perpindahan menu bekerja secara lamban. Untuk itu kamu perlu mematikan animasi tersebut. Caranya sangt mudah. Kamu bisa langsung ke menu setting. Setelah itu kamu dapat langsung ke menu developer options. Di situ kamu dapat langsung melakukan toggling dari on ke off dan selesai. Animasi berhasil dimatikan.

Menghapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Penyebab dari lemotnya Android kamu adalah banyak sekali aplikasi yang terinstal dalam hp Android kamu. Biasanya kamu menginstall banyak aplikasi baru dan membiarkan aplikasi lama  menganggur tidak terpakai. Hal tersebut menyebabkan memori penyimpanan hp Androidmu menjadi overload dan menyebabkan lemot. Untuk itu, kamu harus mulai memilih aplikasi mana yang sering kamu pakai dan aplikasi mana yang tidak kamu pakai. Kemudian mulailah menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai. Caranya yaitu dengan membuka aplikasi dalam yang terinstall dalam Androidmu dan menguninstallnya.        

Mengoptimalkan Homescreen Pada Androidmu

Homescreen pada Android biasanya berisi live wallpaper dan widgets. Widgets merupakan barisan icon yang menampilkan  sebuah informasi realtime pada homescreen. Semakin banyak widgets akan semakin banyak informasi yang muncul dan akan memengaruhi kinerja dari Androidmu. Untuk menyiasatinya, Anda perlu mengoptimalkan homescreen Androidmu. Untuk itu kamu perlu mengurangi widgets dan live wallpaper yang ada dalam homescreen Androidmu. Dengan begitu, kamu akan membantu meringankan beban RAM dan kinerja prosesor dari Androidmu.

Menggunakan Micro SD Yang Berkualitas Tinggi

Micro SD digunakan sebagai memori eksternal tambahan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan. Meskipun memori internal dari Android biasanya sudah sangat besar akan tetapi Micro SD selalu saja ditambahkan. Namun, biasanya Micro SD yang berkualitas rendah justru akan menambah lelet kerja dari Android. Sangat direkomendasikan agar kamu tidak sembarangan memilih Micro SD agar Androidmu tidak bertambah lambat.

Melakukan Overlock Pada Gadget Android Kamu

Seperti pada computer, kamu juga dapat melakukan overlock pada processor hp Androidmu yang berguna untuk meningkatkan kecepatannya. Namun, sebelumnya kamu perlu melakukan rooting terlebih dahulu pada Androidmu. Android Apps menawarkan salah satu aplikasi untuk melakukan overlocking ini. Aplikasinya disebut dengan SetCPU app. Akan tetapi aplikasi ini dapat menyebabkan hp Androidmu menjadi lebih panas dan menyebabkan pemborosan pada konsumsi baterai. Hal tersebut disebabkan karena aplikasi ini membantu meningkatkan kerja dari processor Androidmu sehingga panas dari hp Androidmu meningkat lebi cepat.

Melakukan Custom ROM

Melakukan customisasi pada ROM merupakan salah satu alternatif untuk mempercepat kinerja dari Androidmu selain meningkatkan versi dari sistem operasi Androidmu. ROM memiliki fungsi yang hampir sama dengan RAM. Bedanya adalah ROM atau Read Only Memory merupakan perangkat penyimpanan dimana aplikasi di dalamnya hanya dapat dibaca tidak dapat dihapus. ROM biasanya dibuat oleh vendor tertentu dengan menghilangkan fitur-fitur tertentu dan menambahkan fitur-fitur tertentu agar sistem operasi dapat memaksimalkan kecepatan kinerjanya. Melakukan customisasi ini selain meningkatkan kecepatan juga dapat membuat penampilan Androidmu menjadi terlihat lebih menarik.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips And Tricks Agar Android Kamu Tidak Lemot

0 comments:

Post a Comment