Monday, July 27, 2015

Tips Cara Memaksimalkan Performa Baterai Android

Tips Cara Memaksimalkan Performa Baterai Android
Apakah kamu menjadi pemakai baru Android? Banyak orang yang lebih suka dengan OS Android karena menyediakan berbagai perubahan dan sistem kerja yang lebih baik. Namun bagi beberapa orang memakai Android bisa menjadi masalah baru karena baterainya yang lebih cepat habis atau boros. Pemakai Android menjadi kurang nyaman dengan masalah ini dan mereka terpaksa harus terus menyambung baterai. Tapi tentu sangat repot bila kamu dalam perjalanan dan meskipun sudah ada perangkat penyimpan baterai. Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan performa baterai Android.

Pilih Wallpaper Ponsel

Android memang menawarkan banyak tampilan yang sangat menarik dan semua orang selalu memilih tampilan sesuai dengan kesukaan. Selain itu ada banyak wallpaper dengan tampilan animasi dan berbagai gambar 3D yang bisa bergerak. Awalnya memang tampilan ini sangat menarik dan membuat ponsel kamu menjadi lebih canggih. Namun tanpa disadari maka wallpaper ini membuat baterai ponsel menjadi lebih boros dan bahkan kamu harus terus mengisi baterai secara berkala. Untuk itu lebih baik jika memakai wallpaper hitam untuk menghemat baterai. Wallpaper hitam akan membuat baterai lebih awet karena tidak boros dalam memakai tenaga piksel warna maupun dari gambar yang bergerak.

Atur Tingkat Kecerahan

Jika kamu ingin melanjutkan cara untuk menghemat baterai maka atur tingkat kecerahan. Matikan fitur auto-brightness karena fitur ini akan mengkonsumsi daya baterai dalam jumlah yang sangat besar. Lebih baik jika kamu mengatur tingkat kecerahan dalam skala tertentu seperti dalam pengaturan dan sesuai dengan tingkat kenyamanan pemakaian ponsel. Setiap orang tentu memiliki kebutuhan tingkat kecerahan yang berbeda, jadi kamu bisa mengaturnya sendiri.

Atur Batas Waktu layar

Ponsel Android selalu menyediakan pengaturan untuk batas waktu layar sesuai dengan pemakaian. Hindari memakai batas waktu dalam ukuran menit karena itu akan membuat layar ponsel kamu hidup lebih lama. Pengaturan per detik lebih baik untuk digunakan karena kamu bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan waktu.

Matikan Fitur Otomatis

Fitur otomatis memang disediakan oleh Android. Beberapa fitur ini tersedia di beberapa ponsel Android terkenal seperti Samsung. Kamu bisa merubah sistem ini dengan mematikan beberapa fitur seperti, fitur rotasi layar. Beberapa fitur ini memang canggih dan dapat mempermudah pemakaian ponsel, tapi jika kamu tidak memerlukan dalam waktu yang terlalu sering maka lebih baik untuk dimatikan saja.

Jangan Pakai Fitur Getar

Getar menjadi fitur yang lebih praktis dan berguna pada kondisi tertentu. Namun jika kamu tidak memakai atau membutuhkan fitur getar, sebaiknya matikan saja fitur ini. Getar membutuhkan daya baterai yang lebih tinggi karena ponsel membutuhkan kekuatan dan tegangan yang lebih besar. Kamu juga bisa mengurangi pemakaian baterai dengan mematikan fitur suara pada layar keyboard saat disentuh. Memang ini fitur yang keren dan banyak pemakainya, tapi kamu bisa mematikannya jika tidak terpakai.

Gunakan Layar Kunci

Memakai layar kunci juga bisa menjadi usaha yang paling tepat untuk menghemat pemakaian baterai. Kamu bisa menghidupkan fitur layar hitam dan membuat layar kunci dengan fitur angka atau garis khusus sesuai dengan mode kunci dari ponsel Android. Jika kamu memakai fitur ini maka bisa menghemat baterai dengan cara tidak merubah tampilan layar, bisa memilih fitur pemberitahuan yang penting dan tidak penting dan menjauhi sistem kerja otomatis yang tidak sesuai kebutuhan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Memaksimalkan Performa Baterai Android

0 comments:

Post a Comment